Selasa, 07 Agustus 2007

Lomba prestasi dan kreatifitas...

Setelah sebelumnya Kabupaten Gunung Kidul dan Sleman, kali ini giliran bagi Kabupaten Kulon Progo menjadi panitia penyelenggara dalam Lomba Prestasi dan Kreativitas Siswa Pendidikan Khusus, Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa Tingkat Propinsi DIY Tahun 2007 yang diadakan tanggal 25 Juli 2007 yang lalu

Pembukaan acara Lomba Prestasi dan Kreativitas Siswa Pendidikan Khusus, Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa Tingkat Propinsi DIY Tahun 2007 berlangsung di Alun-Alun Wates. Sebelum upacara pembukaan dimulai, para peserta upacara disuguhi dengan penampilan drum band dari para siswa SDLB N 3 Yogyakarta dan SDLB N 2 Yogyakarta serta dua orang siswa dari SDLB Bakti Putra Ngawis, Kabupaten Gunungkidul yang membawakan lagu berjudul Putra Nusantara dan Menuntut Ilmu. Pembukaan lomba dilakukan oleh Bupati Kulonprogo (Toyo Santoso Dipo), ditandai dengan adanya pelepasan balon ke udara dan dilanjutkan dengan pertunjukan berupa senam dan tari-tarian yang dibawakan oleh para siswa beserta guru SLB.

Jumlah peserta lomba sebanyak 805 orang dan 104 pendamping serta tidak kurang dari 3500 orang penggembira (orang tua siswa, saudara, teman, dan masyarakat). Cabang lomba yang dilombakan dalam Lomba Prestasi dan Kreativitas Siswa Pendidikan Khusus, Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa Tingkat Propinsi DIY Tahun 2007 ada sebanyak 21 macam, dengan perincian sebagai berikut :

1. Tiga (3) macam cabang lomba (Cerdas-Cermat MIPA), untuk siswa-siswa Cerdas Istimewa dari sekolah-sekolah akselerasi jenjang : SD, SMP dan SMA.
2. Delapan (8) macam cabang lomba (Mengarang, Menerjemahkan, Pidato dan Debat Bahasa Inggris, ICT, Trilomba Juang, Festival Band dan Modeling Putri), untuk siswa-siswa berbakat istimewa jenjang : SD, SMP dan SMA.
Sepuluh (10) macam cabang lomba (Mengarang, Melukis, Menyanyi, Cerdas-Cermat, Lari, MDS, Modeling Putri dan Gerak Jalan), untuk para siswa dan guru SLB/SDLB.

Tempat yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan 21 macam cabang lomba tersebut, antara lain SD Percobaan 4 Wates, SMP N 1 Wates, Lapangan UNY Wates, 2 panggung yang tersedia di Alun-alun Wates dan jalanan yang melewati tempat-tempat tersebut. Di antara seluruh 21 cabang lomba yang dilombakan, yang paling banyak disaksikan orang adalah cabang lomba Modeling Putri yang diadakan di Panggung 2 Alun-alun Wates.

Pada kegiatan Lomba Prestasi dan Kreativitas Siswa Pendidikan Khusus, Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa Tingkat Propinsi DIY Tahun 2007 ini diambil tiga juara (Juara I, II, III). Untuk Juara Pertama pada masing-masing lomba tingkat Propinsi DIY, akan mewakili Propinsi DIY untuk maju ke Tingkat Nasional. Khusus untuk Lomba Gerak Jalan, bagi para siswa dan guru SLB/SDLB se Propinsi DIY, dalam cabang lomba ini diambil Juara I, II, III dan Juara Harapan I, II, III dan kegiatan ini tidak dilombakan sampai tingkat nasional. Tahun 2007 ini Propinsi DIY dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Lomba Prestasi dan Kreativitas Siswa Pendidikan Khusus, Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa Tingkat Tingkat Nasional Tahun 2007 yang akan berlangsung pada tanggal 26 s.d 29 Agustus 2007.


TIM SIM Dinas Pendidikan Propinsi DIY

Tidak ada komentar: