Rabu, 08 Agustus 2007

PEMBINAAN PESERTA LOMBA MOTIVASI BELAJAR MANDIRI (LOMOJARI) SMP TERBUKA TINGKAT NASIONAL TAHUN 2007


Lomba Motivasi Belajar Mandiri (LOMOJARI) SMP Terbuka Tingkat Propinsi DIY merupakan salah satu kegiatan peningkatan mutu SMP yang secara rutin tiap tahun diadakan oleh Dinas Pendidikan Propinsi DIY. Mekanisme pelaksanaan kegiatan lomba yang pesertanya adalah siswa SMP Terbuka ini diadakan secara berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Propinsi sampai Nasional. Lomba Motivasi Belajar Mandiri (LOMOJARI) SMP Terbuka Tingkat Propinsi DIY Tahun 2007 telah diadakan pada tanggal 4 Juli 2007 yang lalu. Kegiatan ini diikuti oleh 27 SMP Terbuka yang berasal dari 4 Kabupaten dan 1 Kota yang ada di Propinsi DIY. Masing-masing SMP Terbuka yang menjadi peserta tersebut megirimkan 1 group yang terdiri dari 3 siswa. Dari 27 SMP Terbuka tersebut lalu diseleksi dengan tes tertulis untuk dipilih 9 SMP Terbuka dengan skor tertinggi, setelah itu baru kemudian saling ditandingkan untuk memperebutkan kejuaraan.

Dari hasil Lomba Motivasi Belajar Mandiri (LOMOJARI) SMP Terbuka Tingkat Propinsi DIY Tahun 2007 telah ditunjuk peserta yang berhak mengikuti Lomba Motivasi Belajar Mandiri (LOMOJARI) SMP Terbuka Tingkat Nasional Tahun 2007 sebagai wakil dari Propinsi DIY, yaitu SMP Terbuka 2 Semanu, Gunung Kidul. Dalam rangka memberikan pembekalan terhadap peserta yang akan menghadapi Lomba Motivasi Belajar Mandiri (LOMOJARI) SMP Terbuka Tingkat Nasional Tahun 2007 tersebut, maka pada tanggal 30 Juli s.d 8 Agustus 2007 diadakanlah Pembinaan Peserta Lomba Motivasi Belajar Mandiri (LOMOJARI) SMP Terbuka Tingkat Nasional Tahun 2007 yang bertempat di Wisma Sargede, Jl. Pramuka KV 5 Yogyakarta.
Peserta yang diikutsertakan dalam Pembinaan Peserta Lomba Motivasi Belajar Mandiri (LOMOJARI) SMP Terbuka Tingkat Nasional Tahun 2007 ini, selain para siswa dari SMP Terbuka 2 Semanu, Gunung Kidul, juga ada siswa dari SMP Terbuka 1 Imogiri, Bantul. Diikutkannya siswa dari SMP Terbuka 1 Imogiri, Bantul dalam kegiatan pembinaan ini dimaksudkan supaya dapat memotivasi para siswa SMP Terbuka 2 Semanu, Gunungkidul yang akan menghadapi Lomba Motivasi Belajar Mandiri (LOMOJARI) SMP Terbuka Tingkat Nasional Tahun 2007. Jumlah siswa dari masing-masing SMP Terbuka yang ikut dalam kegiatan pembinaan tersebut adalah 5 orang. Dua diantara 5 orang tersebut berperan sebagai cadangan. Selama 10 hari mengikuti pembinaan, para peserta tersebut menginap di Wisma Sargede dengan didampingi oleh guru mereka. Para penyusun materi dan instruktur dalam kegiatan pembinaan terhadap para peserta tersebut berasal dari kalangan Guru SMP dan Dosen. Bentuk pembinaan yang diberikan terhadap peserta untuk mata pelajaran yang bersifat akademis (Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Fisika dan Biologi) adalah berupa pengayaan materi dan pemecahan soal-soal, sedangkan untuk mata pelajaran yang bersifat non akademis (Ketrampilan Seni, Penjaskes dan Pengetahuan Umum) adalah berupa pelatihan dan pengayaan materi pengetahuan umum.
Untuk mengevaluasi kemampuan para peserta yang telah menerima pembinaan, maka dalam rangkaian kegiatan pembinaan tersebut juga diadakan uji coba lomba yang berbentuk cerdas cermat. Yang menarik dalam uji coba lomba ini, pesertanya bukan hanya terdiri dari para siswa SMP Terbuka 2 Semanu, Gunungkidul dan SMP Terbuka 1 Imogiri, Bantul yang sedang mengikuti pembinaan saja, tetapi panitia penyelenggara juga menghadirkan para siswa dari SMP N 7 Yogyakarta untuk turut berpartisipasi sebagai peserta dalam uji coba lomba tersebut. Hal ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan yang dimiliki siswa SMP Terbuka dengan siswa SMP Reguler. Alasan dipilihnya SMP N 7 Yogyakarta sebagai pembanding adalah karena siswa SMP N 7 Yogyakarta dipandang memiliki kapabilitas yang seimbang dengan siswa SMP Terbuka. Uji coba lomba ini terdiri dari 2 babak, yaitu babak soal lemparan dan babak soal rebutan. Penyampaian soal dalam uji coba lomba tersebut, selain dilakukan secara lisan, juga menggunakan alat bantu berupa proyektor.
Dengan adanya kegiatan Pembinaan Peserta Lomba Motivasi Belajar Mandiri (LOMOJARI) SMP Terbuka Tingkat Nasional Tahun 2007 ini, diharapkan SMP Terbuka 2 Semanu, Gunungkidul dapat mengharumkan nama Propinsi DIY pada Lomba Motivasi Belajar Mandiri (LOMOJARI) SMP Terbuka Tingkat Nasional Tahun 2007 yang diadakan pada tanggal 13 s.d 16 Agustus 2007 di Jakarta.

Penulis: Tim SIM Dinas Pendidikan Propinsi DIY
Agustus 2007

Tidak ada komentar: