Rabu, 08 Agustus 2007

Puncak Acara Hari Anak Nasional Provinsi Yogyakarta


Dengan penuh keceriaan dan kegembiraan anak anak TK – SMP menyambut puncak acara Hari Anak Nasional (HAN) di komplek Dinas Pendidikan Kabupaten Kulonprogo tepatnya di Gedung Kesenian Dinas Pendidikan Kulonprogo, Puncak kegiatan HAN tingkat Provinsi dilaksanakan tanggal 2 Agustus 2007. Kegiatan diawali dengan sambutan Kepala Dinas Pendidikan DIY Drs. Sugito. Msi menyampaikan dengan kerjasama yang baik antara pemerintah, Lembaga Swadaya Pendidikan Anak, Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), PKK dan seluruh masyarakat serta dunia usaha merupakan komponen yang nyata bagi perkembangan anak, dan tidak lupa peran keluarga sebagai pilar utama dalam pola pendidikan dan pertumbuhan anak dalam menghadapi masa depan agar berhasil dan berguna, serta keluargalah yang mampu membimbing anak cerdas, terutama pada masa Golden Age (0-2).

Tema dalam HAN kali ini ialah “Saya Anak Indonesia Sejati, Mandiri dan Kreatif”. Dengan diusungnya tema diatas diharapkan anak indonesia benar- benar menjadi anak yang bangga akan bangsanya serta mempunyai sikap mandiri dalam segala hal, tidak menggantungkan kepada orang lain serta kreatif menciptakan suatu inovasi yang kelak akan berguna bagi bangsa dan negara. Selanjutnya Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo menyampaikan bahwa kualitas pendidikan anak usia dini haruslah terus ditumbuh suburkan karena dengan itu masyarakat akan lebih termotivasi untuk peduli terhadap pendidikan anak usia dini dalam pendidikan formal maupun non formal.
Dengan kepedulian masyarakat diharapkan sikap dan perilaku anak menjadi lebih kreatif dan mandiri, serta dapat menumbuhkan jiwa sikap entrepreneur dalam diri anak Dengan membiasakan anak berpikir kreatif dan memupuk sikap mandiri pada usia dini merupakan modal dasar bagi masa depan mereka untuk jangka waktu 20-40 tahun mendatang. Anak-anak saat inilah yang akan menggantikan kita para orang tua dan pemimpin bangsa, di pundak merekalah tanggung jawab diletakkan.
Setelah itu acara dilanjutkan dengan penyerahan buku PAUD ke kelompok pengerak PKK Kabupaten/Kota se Provinsi Yogyakarta kemudian dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan puncak acara HAN yang dilakukan oleh Gubernur yang diwakilkan Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam IX. Dalam sambutan tertulisnya beliau menyampaikan agar PAUD dapat terus dan berkembang dan selalu memberi perhatian yang lebih pada perkembangan anak usia dini karena pada usia 0-2 tahun merupakan usia emas. Pada usia itulah awal pembentukan karakter pada anak usia dini dimulai, dan akan sangat melekat kuat pada benak anak, maka pada usia demikian hendaklah jangan disepelekan.
Sedangkan pada usia 2-6 tahun merupakan masa –masa pertumbuhan baik jasmani maupun rohani maka didiklah dengan baik dan beri contoh yang baik dan bermanfaat bagi masa depan mereka. Tanpa meninggalkan sikap dan jiwa anak dalam bermain yang menyenangkan dan juga bermakna haruslah dilakukan dalam pola pendidikan anak usia dini (PAUD).Data pada tahun 2006 anak usia dini yang melanjutkan pendidikan sebesar 48%, sedangkan target pada tahun 2007 sebesar 50%, dan tahun 2011 sebesar 75 %, untuk mencapai target tersebut. Pemerintah (Dinas Pendidikan) harus bekerja keras, dan komitmen yang kuat serta diperlukan kemauan oleh semua pihak yang terkait.
Dengan di dampingi Kepala Dinas Pendidikan DIY serta Bupati Kulonprogo dan disaksikan oleh Direktur PAUD, Wakil Gubernur membuka acara secara simbolik dengan menorehkan tanda tangan dengan cat di kanvas, yang kemudian diikuti oleh para undangan dan lainnya, dilanjutkan dengan pembacaan Doa. Puncak acara sendiri merupakan pentas seni yang berupa tari, dan musik yang dibawakan dari anak-anak TK-SMP yang berasal dari Kabupaten /Kota Provinsi di DIY.


Tim SIM Dinas Pendidikan Provinsi DIY
Agustus 2007

Tidak ada komentar: